Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi ini merupakan bentuk komitmen dari Dipay dalam melindungi data Pengguna serta menjelaskan bagaimana Kami (PT Mareco Prima Mandiri) mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengolah, menganalisa, menampilkan, dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada Dipay atau yang Dipay kumpulkan dari Pengguna, termasuk data pribadi Pengguna baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran, mengakses, maupun menggunakan Dipay dan Layanan Dipay.

Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Anda memahami bagaimana proses pengolahan data Kami. Dengan mengakses dan/atau menggunakan Layanan Dipay, Pengguna menyatakan bahwa setiap data Pengguna merupakan data yang benar dan sah , serta Pengguna memberikan persetujuan kepada Dipay untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mempergunakan data tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan Pengguna Dipay.

  1. PENGUMPULAN DATA PENGGUNA:
    1. Dipay mengumpulkan data Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Layanan Dipay serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    2. Upgrade sebagai pengguna registered (Premium), termasuk diantaranya nama lengkap Pengguna, nomor kartu identitas, Foto KTP, swafoto KTP, alamat, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, dan lain sebagainya;
      1. Membuat Akun Dipay, termasuk diantaranya nama Pengguna (username), alamat email, nomor ponsel (handphone), PIN;
      2. Upgrade sebagai pengguna registered (Premium), termasuk diantaranya nama lengkap Pengguna, nomor kartu identitas, Foto KTP, swafoto KTP, alamat, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, dan lain sebagainya;
      3. Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Pengguna;
      4. Menggunakan Layanan Dipay, termasuk data transaksi yang detil, diantaranya jenis transaksi, jumlah pembayaran, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya;
      5. Menghubungi Dipay, termasuk melalui Layanan Customer Service;
      6. Mengisi survei yang dikirimkan oleh Dipay;
    3. Data atau informasi yang Kami kumpulkan setiap kali Pengguna menggunakan Aplikasi atau mengunjungi Website Kami, adalah sebagai berikut:
      1. Data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;
      2. Data kontak pengguna untuk mendukung produk dan layanan Dipay, seperti memudahkan pengguna untuk memilih nomor kontak untuk melakukan transaksi, dan untuk data kontak pengguna tidak akan disimpan ke dalam server Dipay;
      3. Data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna, termasuk aktivitas pendaftaran, login, bertransaksi dan lain sebagainya;
      4. Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi atau Website, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler;
      5. Data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Dipay;
    4. Data atau informasi yang Kami peroleh dari sumber lain, termasuk:
      1. Rekan Usaha Dipay yang turut membantu Dipay dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Aplikasi Dipay kepada Pengguna;
      2. Rekan Usaha Dipay tempat Pengguna membuat atau mengakses Akun Dipay, seperti layanan media sosial, atau situs/aplikasi yang menggunakan API Dipay atau yang digunakan Dipay;
      3. Sumber yang tersedia secara umum;
    5. Dipay dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.
  2. PENGGUNAAN DATA PENGUNA
    1. Dipay dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian “A” mengenai “Pengumpulan Data Pengguna” untuk hal-hal sebagai berikut:
      1. Mengidentifikasi dan mendaftarkan Pengguna, dan untuk mengadministrasikan, menverikasi, menonaktifkan, atau mengelola Akun Pengguna;
      2. Memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan Kami diperlukan sebelum memberikan layanan kepada Pengguna atau sebelum Kami mendaftarkan Pengguna, termasuk proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer) dimana data Pengguna yang verifikasi akun ke Premium akan dikirim ke penyedia layanan yang telah Kami tunjuk sebagai penyedia verfikasi data;
      3. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan Layanan Dipay, termasuk melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan Layanan pada Aplikasi Dipay seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, meningkatkan keamanan, melakukan analisa data, pengujian dan penelitian, dan atau memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas;
      4. Memberitahu Pengguna mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada layanan yang disediakan;
      5. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Customer Service Dipay untuk memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna, serta mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Customer Service;
      6. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan, ilegal, atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), penggelapan, pencurian, money laundering, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut;
      7. Dalam keadaan tertentu, Dipay mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Dipay.
  3. PENGUNGKAPAN DATA PENGUNA
    1. Dipay menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan Data Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa terdapat izin dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:
      1. Dibutuhkan adanya pengungkapan data Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Dipay dalam menyajikan layanan pada Aplikasi dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Aplikasi, termasuk untuk mencegah penipuan, memproses transaksi, verifikasi pembayaran, promosi dan lain sebagainya;
      2. Pengguna menghubungi Dipay melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Aplikasi sehingga komunikasi antara Pengguna dan Dipay mungkin dapat dilihat secara publik;
      3. Dipay mengungkapkan data Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum;
      4. Dipay dapat membagikan informasi Pengguna kepada grup usaha dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Dipay;
      5. Dipay dapat membagikan data Pengguna dengan perusahaan lain sehubungan dengan, penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi semua atau sebagian dari bisnis Kami oleh atau ke perusahaan lain.
  4. TEMPAT PENYIMPANAN DATA PENGGUNA
    1. Data Pengguna yang Kami kumpulkan dapat disimpan, ditransfer, atau diolah oleh penyedia layanan pihak ketiga. Kami akan menggunakan semua upaya yang wajar untuk memastikan bahwa semua penyedia layanan pihak ketiga tersebut memberikan tingkat perlindungan yang sebanding dengan komitmen Kami berdasarkan Kebijakan Privasi ini.
  5. PENYIMPANAN DAN PENGHAPUSAN DATA PENGGUNA
    1. Dipay akan menyimpan data Pengguna selama Akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.
  6. KEAMANAN DATA PENGGUNA
    1. Kerahasiaan Data Pengguna adalah hal yang terpenting bagi Kami. Kami akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan data Pengguna dari akses, pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan yang tidak disengaja, pemusnahan dan kerusakan atau risiko serupa. Namun, pengiriman data melalui internet tidak sepenuhnya aman. Walau Kami berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data Pengguna, anda sebagai Pengguna mengakui bahwa Kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan data Pengguna apa pun yang Pengguna kirimkan melalui Internet, atau menjamin bahwa data tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Kami. Anda sebagai Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail Akun Anda, termasuk kata sandi (PIN) dan One Time Password (OTP) dengan siapapun dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.
  7. PEMBARUAN KEBIJAKAN PRIVASI
    1. Dipay dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Dipay menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Layanan Dipay, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.
  8. HUBUNGI KAMI
    1. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini, silahkan menghubungi Customer Service Kami melalui kanal sebagai berikut:
      1. Telp. 021-252-7003 (Senin – Jumat, 08.00 – 17.00 WIB)
      2. Email [email protected] (Senin – Jumat, 08.00 – 17.00 WIB) (Sabtu – Minggu, 10.00 – 16.00 WIB)
      3. Whatsapp Chat 0811-9956-595 (Senin – Jumat, 08.00 – 17.00 WIB) (Sabtu – Minggu, 10.00 – 16.00 WIB)